Menulis Itu Indah

9:30:00 AM

Menulis Itu Indah - Catatan Bryant
Menulis Itu Indah - Menulis ? Mungkin bagi banyak orang yang berpikiran kritis akan berkata bahwa ini bukan 'menulis', tapi 'mengetik' kemudian baru dipublish di blog. Benar atau salah ?
Tergantung bagaimana persepsi kita masing - masing mengenai menulis itu sendiri.

Baiklah ijinkan saya mencoba sedikit membahas mengenai menulis secara singkat.
Secara etimologis kata "Menulis" adalah kata "Tulis" dengan ditambah imbuhan "Me".




  • Tulis :
ada huruf (angka, dsb) yg dibuat (digurat, dsb) dengan pena (pensil, cat, dsb); bersurat (yang sudah disetujui); yangg ada tulisannya
>> Menurut KBBI


  • Menulis :
1 membuat huruf (angka, dsb) dengan pena (pensil, kapur, dsb);
2 melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan;
3 menggambar; melukis;
4 membatik (kain)
>> Menurut KBBI


  • Tulisan :
 1 catatan, coretan, goresan,   no-tulen,  nukilan;  manuskrip,  naskah,  surat,
teks;
2 artikel,  esai,  gubahan,  karya,  ka-rangan, makalah, memo, novel, nota, puisi,  
risalah, sastra;
3 gambar, lukisan;
>> Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia


Menurut sobat apa menulis itu ?

Kalau saya memandang menulis itu adalah kegiatan membuat suatu tulisan, menulis secara 'umum' biasanya berarti adalah membuat suatu tulisan dengan menggunakan pena, tapi pandangan saya 'mengetik' bisa saya kategorikan menulis, alasan saya :
1. Sama - sama menggunakan tangan (termasuk jari).
2. Menggunakan media kertas sebagai hasil output
3. Sama - sama menggunakan tinta, (pena & printer sama - sama membutuhkan tinta)
Mungkin sedikit perbedaan yaitu masalah media input, waktu, harga (listrik & harga tinta printer - kecuali pakai mesin ketik biasa), dan banyak juga yang lainnya.

Meski banyak persepsi yang berbeda tapi  dalam hal ini  saya setuju saja bahwa saya saat ini sedang menulis, bukan hanya 'mengetik'.


Cukup pendahuluannya yang sudah mulai panjang.
(^^,)

Mengapa saya membuat artikel "Menulis Itu Indah" sebagai bacaan 'resmi' pertama saya di blog ini ?
Bukan sekedar karena judul ini yang muncul di benak saya ketika ingin membuat tulisan pertama ini, tapi lebih sebagai sebuah 'basic' bagi saya maupun sebagai 'pembuka wawasan' bagi sobat semua yang mungkin saat ini 'kurang' menyadari indahnya menulis.
Menulis menjadi suatu kecakapan bahasa dalam suatu tatanan bahasa selain mendengar, membaca, dan berbicara.

Meski banyak pandangan yang mengatakan bahwa berbicara merupakan kecakapan bahasa yang paling penting, tapi menurut saya menulis merupakan suatu kecakapan bahasa yang lebih kompleks (saya tidak menggunakan kata 'penting', karena tidak ingin menimbulkan kesan terlalu subjektif). Kita bisa lihat tulisan - tulisan sebagai bukti dari sebuah peradaban sejarah, bagaimana peradaban itu berkembang bahkan sampai kebudayaan. Kegiatan menulis merupakan suatu kegiatan intelektual yang dimana menggunakan aspek kognitif bersamaan dengan aspek motorik. Berbeda dengan Berbicara yang lebih spontan, Menulis merupakan suatu kegiatan yang lebih terukur, terarah dan terkonsep. Bahkan dalam berbicara dalam forum (Pidato, dsb) tetap saja menggunakan media tulisan sebagai alat bantu dalam mengembangkan konsep pembicaraan agar lebih terstruktur dan sistematis.

Sungguh banyak alasan yang bisa dikemukakan mengenai indahnya menulis. Tapi tunggu sejenak, sepertinya gaya menulis saya cenderung kaku dan mungkin lebih cocok dimuat dalam suatu jurnal ilmiah ya???  Saat sedang menulis artikel ini saya merasa terlalu kaku dalam penggunaan gaya bahasa saya yang mungkin sedikit mendorong pada tulisan yang lebih bersifat serius.

Maklum sobat, ini tulisan pertama saya di blog 'Catatan Bryant' ini.

Kembali pada topik tentang menulis itu indah.
Saya secara jujur mengakui bahwa saya lebih mudah mengungkapkan ide, pandangan dan pemikiran saya dalam bentuk tulisan daripada berbicara. Menulis bagi saya mungkin bukan hal yang baru, tapi menulis sesuatu untuk hal yang lebih serius apalagi jika digunakan untuk dipublikasikan pada banyak orang bukan menjadi hal yang biasa. Inilah sehingga saya katakan bahwa saya juga masih belajar.
Bagi orang yang 'introvert' seperti saya, menulis merupakan media yang paling tepat bagi saya untuk mengekspresikan sesuatu.
Secara pribadi, saya dengan lantang berpendapat bahwa menulis itu indah, banyak lika - likunya, bahkan dalam sebuah tulisan dapat mengajak kita berimajinasi (teenlit, novel, dsb), dan menulis juga dapat menjadi sarana dalam mengembangkan diri.

Sungguh banyak alasan dan fakta yang mendukung bahwa menulis itu indah.
Menulis bukan hanya sekedar suatu kecakapan bahasa yang dimiliki oleh seseorang, tapi menulis itu juga menyangkut pada 'seni' & 'emosi'.
Kita lihat para pujangga yang begitu lihai dan pandai merangkai kata - kata, sastrawan - sastrawan yang begitu detil dan cermat dalam menggunakan bahasa dalam sebuah tulisan, dan bagi orang - orang kritis yang biasanya menggunakan tulisan sebagai media kritik mereka kepada orang lain (pemerintah, dsb) yang dimuat dalam surat kabar, dan sebagainya.

Lewat tulisan banyak orang bisa tergugah, termotivasi, bahkan bisa membunuh karakter. Sungguh kompleks. Menulis membutuhkan kreativitas dari penulis dalam cara penyampaian maksud dan pesan yang ingin disampaikan dari tulisan itu sendiri.

Wow...

Sungguh indahnya menulis...

Menulis itu Indah


Bagaimana pendapatmu sahabat ???

You Might Also Like

15 komentar

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This is a very good article material and it is very useful for us all. thank you . cara menggugurkan kandungan

    ReplyDelete

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.

Editor Picks

Pesona Batu Dinding Kilo Tiga - Amurang, Minahasa Selatan

Kategori

Catatanku (45) Catatan Ringan (20) Kampus (20) Galeri (17) Motor (16) Opini (16) Blogging (14) Pengalaman (14) CB150R (13) Acara (10) Photo Story (10) Perayaan (9) Travel (9) Bisnis (6) Pelayanan (6) Kehidupan (5) Fotografi (4) Monetize (4) Pelajaran Hidup (4) Politik (4) Hobi (3) Kuliner (3) Post by Email (3) Sahabat (3) Tekno (3) Event (2) Keluarga (2) Motivasi (2) Pemerintahan (2) Sulawesi Utara (2) Abstrak (1) Adventure (1) Broadcasting (1) Film (1) Kesehatan (1) Menulis (1) Musik (1) Radio (1) Review (1) Rohani (1)

visit north sulawesi - catatanbryant.com