Thanksgiving Day at Lobu

9:41:00 AM

Thanksgiving Day at Lobu – Hari Minggu tanggal 14 Oktober 2012 merupakan hari “Pengucapan” di Desa Lobu, Kec. Touluaan, Kab. Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.
“Pengucapan” merupakan suatu perayaan dari masyarakat Sulawesi Utara sebagai ungkapan syukur atas berkat yang diberikan Tuhan kepada umatnya. “Pengucapan” ini dirayakan dalam bentuk jamuan makan oleh masyarakat yang merayakan “Pengucapan” kepada tamu-tamu yang berkunjung. “Pengucapan” ini seperti Thanksgiving Day di Amerika. Bedanya kalau di Amerika identik dengan ayam kalkun, tapi kalau di Indonesia khususnya di Propinsi Sulawesi Utara identik dengan Dodol dan Nasi Jaha (Nasi Jahe yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi ke dalam Bambu lalu dibakar).

Perayaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Sulawesi Utara tidak lepas dari tradisi turun-menurun dari nenek moyang dahulu. Bukan hanya masyarakat Sulawesi Utara, tapi seluruh masyarakat Sulawesi sudah mengenal adanya perayaan-perayaan sejak dulu. Tentunya bukan suatu hal kebetulan jika Pulau Sulawesi dikenal oleh orang asing dengan sebutan Pulau ‘Celebes’ karena dikenal lewat ‘Celebration’ - (perayaan, pesta,dst) – yang sudah turun menurun di Masyarakat pulau Sulawesi.

Back to Lobu, perayaan tahun ini sungguh meriah karena sangat banyak tamu dari luar Desa Lobu yang berkunjung ke Lobu untuk turut serta dalam “Thanksgiving Day” ini (termasuk saya).
Minggu siang yang terik tak menghalangi semangat saya bersama keluarga untuk mengunjungi rekan-rekan Ayah sebagai PNS. 6 rumah yang kami kunjungi sudah cukup membuat kami hampir menyerah untuk makan lagi.
 Benar-benar hari itu menjadi ‘pesta’ bagi lidah dan perut saya. Bagaimana tidak, sudah tersedia banyak sekali makanan yang menggugah selera. Mulai dari daging-daging, sayuran, kue kering, kue basah, buah-buahan, sayuran, makanan penutup, dsb.
Kerja saya adalah makan pada hari itu.
Wah, sungguh luar biasa.

Meskipun masih ada sisa-sisa rasa capek yang menggerayangi tubuh ini sejak kegiatan Door to Door di Dodap tapi tidak mengurangi rasa bahagia dan sukacita di hari raya pengucapan ini.

Saya sertakan pula beberapa snapshoot :

Mantap...
Makanan Siap...
Ada Pencuci Mulut juga...
Buah-buahan pun tak lupa dipersiapkan...
Tambah Lapar nih,
Hidangan yang menggugah selera...
Makanan Pembuka...
Ayam Kecap...haha

CapCay, dkk...

Klapertart dan Nutri Jelly Coklat...

Nyummy...

Cheese...

With Family...

Di rumah selanjutnya...

Gak mampu makan lagi...

Begitulah catatan Bryant dari Pengucapan Lobu.

How a Great Thanksgiving Day at Lobu.

You Might Also Like

8 komentar

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Halo, mau berbagi info yang bermanfaat nih. Saya jual Tray Makanan. Barangkali ada pengunjung blog ini yang sedang butuh. Jika butuh bisa klik di sini.

    ReplyDelete

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.

Editor Picks

Pesona Batu Dinding Kilo Tiga - Amurang, Minahasa Selatan

Kategori

Catatanku (45) Catatan Ringan (20) Kampus (20) Galeri (17) Motor (16) Opini (16) Blogging (14) Pengalaman (14) CB150R (13) Acara (10) Photo Story (10) Perayaan (9) Travel (9) Bisnis (6) Pelayanan (6) Kehidupan (5) Fotografi (4) Monetize (4) Pelajaran Hidup (4) Politik (4) Hobi (3) Kuliner (3) Post by Email (3) Sahabat (3) Tekno (3) Event (2) Keluarga (2) Motivasi (2) Pemerintahan (2) Sulawesi Utara (2) Abstrak (1) Adventure (1) Broadcasting (1) Film (1) Kesehatan (1) Menulis (1) Musik (1) Radio (1) Review (1) Rohani (1)

visit north sulawesi - catatanbryant.com