Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungan Kedutaan Besar Swedia di Kampus

Kemarin pada 11 Februari 2013, FISIP Unsrat mendapat kehormatan dikunjungi oleh Embassy of Sweden in Jakarta, Indonesia. Kunjungan mereka ini dalam rangka mempromosikan tentang negara mereka Swedia, juga berbagi informasi mengenai gambaran umum bagaimana sistem pemerintahan Swedia serta bagaimana langkah-langkah yang dilakukan negara skandinavia tersebut untuk mencapai posisi negara welfare dimana mereka sebelumnya pada awal abad 19 masih tergolong pada status poor.
Kunjungan dari Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia yang berpusat di Jakarta ini dikemas dalam bentuk kuliah umum yang dilaksanakan di Aula FISIP Unsrat. Pukul 10.00 WITA mereka memulai kegiatan memberikan kuliah umum kepada kami para mahasiswa. Tim yang dipimpin oleh Deputy Head of Mission Embassy of Sweden in Jakarta, Mr. Daniel Johansson ini mendapat respon yang cukup baik dari seluruh civitas academica FISIP Unsrat, dibuktikan dengan sambutan ramah serta dukungan dari Dekan FISIP Unsrat, Drs Philep Regar, MS. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini juga terlihat cukup antusias dan animo peserta cukup tinggi yang hingga memenuhi ruangan kuliah umum (Aula FISIP Unsrat). 
Hal yang cukup menarik ketika Mr. Johansson memulai materinya dengan menggunakan Bahasa Indonesia, aksen swedish yang cukup kental membuat kata-katanya terdengar lucu dan sempat membuat peserta tertawa. Memasuki materi pengenalan dan promosi tentang Swedia, Mr. Johansson menggunakan Bahasa Inggris. Ternyata ada banyak teman-teman peserta yang sepertinya tidak mengerti dengan penyampaian materi Mr. Johansson. Untung saja, materi Mr. Johansson diselingi dengan penyampaian dari pemateri asal Indonesia mengenai info scholarship dan education.

Untuk info scholarship ataupun info bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Swedia bisa mengunjungi:

http://studyinsweden.se
http://universityadmissions.se
bagi yang mau mendaftar di Universitas di Swedia
http://ppiswedia.se untuk informasi persatuan pelajar Indonesia di Swedia.

Info lebih lanjut bisa kita lihat di :
swedenabroad.com/jakarta
www.facebook.com/EmbassyofSwedenInJakarta


Selesai materi tidak lupa ada sesi pertanyaan. Meskipun modal Bahasa Inggris saya masih pas-pasan tapi saya memberanikan diri bertanya. Sesi pertanyaan pun selesai dan Mr. Johansson menyampaikan bahwa mereka senang telah berkunjung di Universitas Sam Ratulangi.
Setelah semua kegiatan selesai dan tim dari kedutaan besar Swedia sedang beranjak untuk keluar ruangan, saya pun mencoba mendekati Mr. Johansson sambil berkata :
"Hello sir, can i take a photo with you?"
Beliau menjawab :
"Sure, tapi cepat..." diselingi dengan tawa.
Dengan cepat saya berfoto bersama beliau (mereka buru-buru karena akan menghadiri acara penutupan Hari Pers Nasional dan info Presiden SBY akan turut hadir).
With Deputy Head of Mission Embassy of Sweden in Jakarta, Mr. Daniel Johansson

5 komentar untuk "Kunjungan Kedutaan Besar Swedia di Kampus"

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.