Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup

11:18:00 PM

Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup.
"Banyak cerita, yang mestinya kau saksikan..."
Sepenggal lirik dari Ebiet G. Ade begitu terngiang jelas di benak saya ketika muncul ide untuk menulis artikel ini.
***
Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup

Semuanya berawal dari telepon mama yang intinya meminta saya untuk mengendarai mobil yang dia bawa sebelumnya. Tapi berhubung tempatnya menunggu cukup jauh dari tempat tinggal saya sekarang jadi saya harus menyusul ke tempatnya dengan menggunakan mobil penumpang (bis).
Meski sebenarnya agak berat bagi saya untuk mengiyakan karena tubuh masih belum fit setelah sempat penyakit lama kambuh (sedikit pengaruh juga karena kecelakaan beberapa waktu lalu) tapi berhubung ini 'amanat' dari orang tua jadi harus dilaksanakan.

***
Entah perasaan excited apa ini, sepertinya sudah lama saya tidak mengadakan perjalanan dengan bis seperti ini (sendiri).
Perasaan senang membuat saya dengan enjoy menikmati panasnya ketika berada di dalam bis sambil menunggu penumpang yang lain.

Ide untuk menulis muncul hanya beberapa saat setelah bis yang saya tumpangi mulai melaju dengan kecepatan sedang di jalan raya.
Waktu menunjukkan pukul 12.31 ketika bis meninggalkan terminal penumpang.

Saya cukup beruntung karena bisa memilih tempat duduk yang leluasa untuk bergerak dan menikmati pemandangan selama perjalanan; disamping pintu.

Penggalan lirik lagu Ebiet diatas terngiang seiring muncul ide untuk menulis posting tentang indahnya menikmati waktu selama di perjalanan.
Saya sangat sering menghabiskan waktu untuk merenung dan melihat berbagai hal ketika berada dalam perjalanan.
Terkadang ada banyak hal yang bisa menjadi pelajaran hidup dan makna kehidupan yang bisa kita petik selama kita berada dalam perjalanan.
Ada banyak hal yang bisa kita lihat dan bisa menjadi inspirasi bagi kita.
Contohnya keindahan alam, hamparan rumput yang luas, anak-anak yang sedang berlarian, atau bisa saja kemacetan. Coba kita renungkan, seringkali banyak yang kita abaikan ketika kita berada dalam suatu perjalanan. Padahal, jika kita lihat lebih jauh sebenarnya ada begitu banyak kisah hidup yang dapat kita ceritakan dan bagikan kepada orang lain lewat apa saja yang kita lihat dan amati selama kita berada dalam perjalanan.

Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup

Tak ingin menyia-nyiakan momen dan kesempatan langsung saja saya mengeluarkan si J10 (kamera digital) untuk mengabadikan momen-momen dari perjalanan saya hari ini, yang tentunya semua diambil ketika berada dalam kendaraan. Berhubung saya duduk di dekat pintu kendaraan, jadi saya dengan leluasa bergerak untuk mengambil gambar.
*untuk foto selengkapnya akan saya posting dalam artikel selanjutnya

Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup

Bagi saya secara pribadi, untuk duduk sambil menikmati perjalanan adalah suatu seni untuk merasakan dan menghayati kehidupan ini.
Lewat suatu perjalanan biasanya saya belajar banyak soal waktu dan kesempatan. Waktu yang kita lalui bagaikan hamparan rumput yang kita lihat saat berjalan, ketika kita ingin melihat lagi kita tidak bisa mengambil langkah mundur untuk kembali hamparan rumput yang kita lihat sebelumnya. Ini karena tidak semua hamparan rumput sama dengan hamparan rumput yang kita lihat sebelumnya. Begitu juga dengan kehidupan kita, ketika kita melewatkan kehidupan ini dengan pandangan bahwa yang terjadi dalam hidup ini biasa saja tentu akan membuat kita banyak melewatkan hal-hal yang sebenarnya penting dan 'seharusnya' berkesan.


Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup
pemandangan hutan yang begitu hijau
Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup
melihat pantai dari dalam kendaraan
Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup
seorang anak dengan dagangannya
Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup
anak-anak berlarian dengan gembira
Indahnya Menikmati Perjalanan - Sebuah Seni dan Pengamatan Hidup
rumah,awan, dan gunung
Meski perjalanan hampir selesai tapi benar-benar selalu saja ada hikmah di balik setiap momen yang saya temui di perjalanan.
Mungkin saja bagi sebagian orang ketika berada dalam perjalanan terasa sangat bosan dan sepertinya membuang waktu. Tapi sekali lagi hal itu tidak bagi saya, karena perjalanan dapat memberikan banyak hikmah dan cerita ketika kita benar-benar memberikan mata untuk melihat apa yang terjadi di sekitar kita dan telinga untuk mencoba mendengar apa saja yang telah terjadi.

Cobalah menyaksikan apa saja yang bisa kita petik dan pelajari selama kita ada dalam sebuah perjalanan.

Merenung dan introspeksi diri juga biasanya saya lakukan ketika berada dalam sebuah perjalanan.
Tentunya kalau ada hal yang sedih jangan kita umbar, bisa dikira kita orang melankolis yang ekspresif.

Intinya, ketika berada dalam sebuah perjalanan cobalah untuk melihat lagi kehidupan kita sejauh ini. Sudahkah kita menjadi orang yang berguna bagi orang lain?

Ada banyak kesempatan yang sangat disayangkan untuk tidak kita saksikan.

Sebagai penutup, kehidupan kita ibarat sebuah perjalanan. Mungkin saja kita ingin sekali menuju suatu tempat, namun sayangnya kita masih jauh dari itu. jangan menyerah dan teruslah lanjutkan perjalananmu, karena bukan persoalan masih seberapa jauh kita tiba di tujuan kita, tapi sudah seberapa jauh kita telah berada dan melangkah.

Selamat malam sahabatku, dan semoga posting ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

You Might Also Like

6 komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.

Editor Picks

Pesona Batu Dinding Kilo Tiga - Amurang, Minahasa Selatan

Kategori

Catatanku (45) Catatan Ringan (20) Kampus (20) Galeri (17) Motor (16) Opini (16) Blogging (14) Pengalaman (14) CB150R (13) Acara (10) Photo Story (10) Perayaan (9) Travel (9) Bisnis (6) Pelayanan (6) Kehidupan (5) Fotografi (4) Monetize (4) Pelajaran Hidup (4) Politik (4) Hobi (3) Kuliner (3) Post by Email (3) Sahabat (3) Tekno (3) Event (2) Keluarga (2) Motivasi (2) Pemerintahan (2) Sulawesi Utara (2) Abstrak (1) Adventure (1) Broadcasting (1) Film (1) Kesehatan (1) Menulis (1) Musik (1) Radio (1) Review (1) Rohani (1)

visit north sulawesi - catatanbryant.com