Kuda, Lebih Dari Sekedar Hewan Peliharaan

10:52:00 PM

Catatan Bryant - Membahas soal hewan peliharaan tentu tidak ada habis-habisnya, berbicara selera dan rasa tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya, meskipun ada pula yang hampir sama.
Kali ini saya menulis mengenai hewan yang sudah sangat familiar dalam kehidupan kita, yaitu Kuda.
kkt 105 - kuda - www.catatanbryant.com
 Berhubung saya saat ini sedang melaksanakan tugas kuliah kerja terpadu (KKT) di desa Pinabetengan Selatan dengan mayoritas pekerjaan masyarakat yang menjadi petani dan peternak (kuda, sapi, ayam, dll), maka saya banyak melihat suatu realita menarik tentang peran kuda dalam kehidupan masyarakat desa tempat saya berada.
Kuda tidak hanya menjadi hewan peliharaan, tetapi menjadi penopang ekonomi masyarakat desa.
Pemandangan kuda yang lalu lalang di sekitar desa bersama pemiliknya bukan menjadi hal yang baru lagi bagi saya.

pinabetengan selatan - kuda - www.catatanbryant.com
Hasil wawancara dengan banyak masyarakat desa tentang peran kuda dalam kehidupan mereka membuat saya sedikit tercengang. Betapa tidak? Kuda yang mungkin bagi sebagian orang hanya sebagai hobi atau hanya sekedar untuk membantu pekerjaan manusia ternyata memiliki peran yang lebih, apalagi bagi warga desa sini.
kuda - www.catatanbryant.com

Masyarakat desa kebanyakan sudah terbiasa hidup bergaul dengan hewan ini sejak mereka masih kecil, bukan itu saja, kuda yang diternakkan ternyata banyak membawa berkah lewat penjualan kuda-kuda dan bahkan ada yang memiliki harga tinggi berkat kemampuannya sebagai kuda pacu.
Ada lagi, masyarakat desa Pinabetengan ternyata banyak pula yang menjadi joki (penunggang kuda pacu) dan sering dikontrak oleh pemilik-pemilik kuda dari luar daerah Sulawesi Utara, ada pula yang dikontrak sebagai pelatih, ada juga sebagai pekerja yang mengurus kuda, dan beberapa diantaranya ada juga yang bekerja pada Bapak Prabowo Subianto untuk membantu beliau mengurus kuda-kudanya.

kuda - www.catatanbryant.com
Wow, hidup diantara masyarakat pecinta kuda membuat saya tertarik memiliki seekor atau beberapa ekor kuda nantinya.
pinabetengan selatan - kkt 105 - kuda - www.catatanbryant.com
Ada kepuasan tersendiri tentunya bagi saya melihat dan bahkan turut pula merasakan 'atmosfer' pecinta kuda yang ada di desa ini.
Perawatan yang cukup lengkap yang harus dipenuhi oleh pemilik ( terlebih untuk kuda pacu) tentu merupakan tantangan tersendiri ketika mengambil keputusan memelihara hewan ini.

Adapun yang saya lihat, orang-orang desa di tempat saya bertugas seperti tidak pernah kenal lelah untuk mengurus kuda-kuda mereka, baik memandikan di pagi hari, memberi makan, melatih kuda pacu, memandikan pada sore hari, memijat kuda, memperhatikan sepatu kuda, dan banyak kegiatan lainnya.
Salut.
pinabetengan selatan - kuda - www.catatanbryant.com
Saya pun menyadari, bahwa kuda bukanlah hanya sekedar hewan peliharaan.
Ada banyak keistimewaan yang dapat membuatnya lebih dari sekedar 'hobi' dan 'kesenangan' belaka.

Salam,


You Might Also Like

0 komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.

Editor Picks

Pesona Batu Dinding Kilo Tiga - Amurang, Minahasa Selatan

Kategori

Catatanku (45) Catatan Ringan (20) Kampus (20) Galeri (17) Motor (16) Opini (16) Blogging (14) Pengalaman (14) CB150R (13) Acara (10) Photo Story (10) Perayaan (9) Travel (9) Bisnis (6) Pelayanan (6) Kehidupan (5) Fotografi (4) Monetize (4) Pelajaran Hidup (4) Politik (4) Hobi (3) Kuliner (3) Post by Email (3) Sahabat (3) Tekno (3) Event (2) Keluarga (2) Motivasi (2) Pemerintahan (2) Sulawesi Utara (2) Abstrak (1) Adventure (1) Broadcasting (1) Film (1) Kesehatan (1) Menulis (1) Musik (1) Radio (1) Review (1) Rohani (1)

visit north sulawesi - catatanbryant.com