Tips Berburu Promo Tiket Pesawat ke Luar Negeri

9:06:00 PM

tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri

Sering merasa bingung bagaimana bisa menghemat biaya tiket pesawat, apalagi jika destinasi Anda ke luar negeri? Memang, pola para maskapai penerbangan dalam melakukan promo tiket pesawat tidaklah mudah diprediksi, apalagi jika Anda jarang bepergian menggunakan pesawat sehingga tidak aware dengan segala bentuk informasi dan pengadaan promo yang biasanya diadakan.
Entah itu promo tiket pesawat untuk perjalanan dalam negeri (domestik) atau promo tiket pesawat ke luar negeri (internasional), jika Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini, maka Anda akan lebih berpeluang mendapatkan promo tiket pesawat ke luar negeri.
Ini dia, tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri yang dapat Anda lakukan sebelum travel:

  1. Travel pada saat weekdays
Jika memungkinkan, hindari travelling pada waktu peak season seperti weekend dan hari libur nasional. Momentum weekend dan hari libur nasional merupakan waktu yang paling banyak digunakan orang untuk travelling, sehingga para maskapai memanfaatkannya dengan harga tiket pesawat yang lebih mahal dibandingkan weekdays. Bahkan, biasanya untuk hari-hari libur nasional harga tiket pesawat bisa melonjak sampai dua kali lipatnya. Dengan tingginya jumlah penumpang, maka untuk mengharapkan promo tiket pun kemungkinannya sangat kecil. Sebagian traveler ada juga yang berpendapat bahwa pada hari Selasa atau Rabu, harga tiket pesawat menjadi lebih murah.
Biasanya promo lebih sering diadakan pada akhir bulan, atau pada bulan-bulan nanggung setelah libur anak sekolah atau lebaran, contohnya pada tahun 2016 yaitu di bulan-bulan September dan November, dan sebelum mendekati bulan Desember.

  1. Langganan Newsletter

tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri
Sumber: www.freepik.com

Jika Anda memiliki maskapai yang paling Anda percayai dan sukai, coba daftarkan email untuk mendapatkan newsletter mereka. Dengan cara seperti ini akan memudahkan Anda mendapat informasi dan penawaran menarik lainnya, seperti jika maskapai bersangkutan akan mengadakan promo. Dan biasanya pihak maskapai akan memberikan pemberitahuan lebih dulu melalui email sehari sebelum penawaran menarik dan info promo tersebut diumumkan di website mereka. Keuntungan ini membuat Anda berpeluang lebih besar agar tidak kehabisan tiket promonya.

  1. Pilih Maskapai dengan Low Cost Carries/LLC
Promo tiket pesawat pun bermacam-macam. Promo di maskapai A bisa jadi lebih murah lagi dibandingkan promo di maskapai B. Nah, untuk menyiasati dan tetap mendapat harga yang lebih murah, maka pilihlah maskapai penerbangan yang low cost carries (LLC). Pada umumnya, maskapai penerbangan dengan layanan full service memang memasang harga yang lebih tinggi, sehingga jika Anda ingin mencari yang lebih hemat, bisa pilih maskapai yang low cost carries.

  1. Pesan Tiket Saat Subuh

tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri
Sumber: www.freepik.com

Bagi yang enggan mendaftakan email untuk berlangganan newsletter, kemungkinan besar mengetahui informasi promo tiket pesawat bersamaan dengan banyak orang lain yang juga mengincarnya. Nah, untuk menghindari kemungkinan kehabisan tiket, coba akses laman website maskapai terkait saat lewat tengah malam atau subuh. Subuh hari adalah saat yang aman dan juga jarang ada yang melakukan booking tiket. Terkadang, website maskapai juga menjadi sulit untuk diakses ketika terlalu banyak orang yang mengakses website maskapai tersebut.

  1. Datang ke Travel Fair

C:\Users\user\Desktop\PRISKA\FLIGHTS\1 en.wikipedia.org.JPG
Sumber: www.en.wikipedia.org

Tidak hanya penerbit dan perusahaan yang mengadakan pameran atau bazar seperti book fair dan job fair, para maskapai penerbangan pun turut mengadakan acara semacamnya yang disebut travel fair. Beberapa maskapai justru memang rutin mengadakannya. Di acara travel fair, Anda bisa hunting sepuas-puasnya, karena di acara ini selain ada tiket pesawat dengan harga murah, ada juga hotel-hotel dan paket liburan yang ditawarkan dengan harga promo.
Maskapai umumnya memberikan harga promo tiket sebesar 20% hingga 50% dari harga normal. Jika Anda memiliki kartu kredit, bisa juga mengecek promo dari bank Anda karena banyak juga bank-bank penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai.

  1. Punya Kartu Kredit
tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri
Sumber: www.freepik.com
Berbeda dengan perjalanan domestik, perjalanan internasional lebih sering menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit. Jika maskapai tertentu masih menawarkan berbagai metode pembayaran, bisa saja menggunakan metode lain, karena pembayaran dengan kartu kredit biasanya akan terkena feefee kartu kredit lebih besar dibanding fee metode pembayaran lainnya.

Itulah “tips berburu promo tiket pesawat ke luar negeri”. Selain tips di atas, ada  satu hal lagi yang harus Anda tahu bahwa untuk rute perjalanan ke luar negeri, akan lebih murah jika menggunakan rute transit.

Nah, sekarang Anda sudah sangat tahu bagaimana menghemat biaya transportasi jika ingin travelling. Semoga di perjalanan berikutnya Anda bisa mendapatkan tiket promo pesawat untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri yaa.


*Sumber gambar: www.publicdomainpictures.net

You Might Also Like

2 komentar

Terima Kasih Untuk Komentar Anda.

Editor Picks

Pesona Batu Dinding Kilo Tiga - Amurang, Minahasa Selatan

Kategori

Catatanku (45) Catatan Ringan (20) Kampus (20) Galeri (17) Motor (16) Opini (16) Blogging (14) Pengalaman (14) CB150R (13) Acara (10) Photo Story (10) Perayaan (9) Travel (9) Bisnis (6) Pelayanan (6) Kehidupan (5) Fotografi (4) Monetize (4) Pelajaran Hidup (4) Politik (4) Hobi (3) Kuliner (3) Post by Email (3) Sahabat (3) Tekno (3) Event (2) Keluarga (2) Motivasi (2) Pemerintahan (2) Sulawesi Utara (2) Abstrak (1) Adventure (1) Broadcasting (1) Film (1) Kesehatan (1) Menulis (1) Musik (1) Radio (1) Review (1) Rohani (1)

visit north sulawesi - catatanbryant.com